Selasa, 03 September 2013

Manfaat dan khasiat ubi jalar ungu untuk kesehatan

Manfaat dan khasiat ubi jalar ungu untuk kesehatan - Tanaman ini mungkin masih sering dianggap sebagai makanan kampungan atau ndeso. Sebenarnya makanan yang dianggap ndeso ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh bahkan lebih baik jika dibanding makanan modern (fast food).

Ubi jalar ini memiliki nama latin Ipomea batatas poiret. Ubi jalar ini ternyata juga banyak sekali dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat camilan misalnya kue, minuman, bakpao, dan bahkan es krim.

Kandungan ubi jalar ungu memang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis ubi yang lain, yakni dari 100 gr ubi ungu mengandung vitamin A kurang lebih 7.700 mg mengalahkan kandungan vitamin A pada buah tomat dan bit.

Kandungan ubi jalar ungu yang lain di antaranya Zn, K, Mg, Cu, lisin, vitamin C, B1, mineral, lemak, protein, serat kasar, dan juga termasuk sumber karbohidrat tinggi.

Adapun khasiat ubi jalar ungu bagi kesehatan antara lain sebagai berikut:
  1. Melancarkan aliran darahZat antosianin (pigmen warna ungu) pada ubi jalar ungu ini merupakan zat anti-oksidan yang mampu menyerap polusi udara, serta mampu menghambat pembekuan darah sehingga aliran darah menjadi lancar.
  2. Mencegah kanker
    Kandungan betakaroten, vitamin C, dan E dapat berfungsi sebagai anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan berbagai penyakit kardiovaskuler.
  3. Melancarkan pencernaanSerat dan pektin yang ada dalam ubi jalar ungu ini mampu melancarkan pencernaan sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir bisa diatasi.
  4. Anti-oksidanAntosianin pada ubi jalar ungu ini juga memiliki fungsi sebagai anti-oksidan, anti-kanker, anti-bakteri, serta melindungi terhadap kerusakan hati, serangan stroke, hingga penyakit jantung.
  5. Anti-kankerZat selenium dan iodin dalam ubi jalar ungu 20 kali lebih tinggi dari ubi lain sehingga bisa menjadi sel anti-kanker.
  6. Anti-bakteriAktivitas anti-bakteri dalam ubi jalar ungu 3,2 kali lebih tinggi dibanding berbagai varietas blueberry.
  7. Sumber karbohidrat
    Kandungan karbohidrat yang tinggi dalam ubi jalar ungu ini bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti nasi. Selain itu warna ungu ubi ini juga bisa dijadikan pewarna alami makanan.

Bagaimana? Masih memandang ubi sebagai makanan kampungan? Memang sih jika kita terlalu berlebih mengkonsumsi ubi bisa mengakibatkan kita sering buang angin. Maka dari itu tetap bijaksana dalam mengkonsumsi nya sehingga selain rasanya yang enak bisa kita dapatkan, khasiat ubi jalar ungu bagi kesehatan juga bisa dapatkan.

sumber: inovasikesehatan.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More