Kamis, 04 April 2013

Membuat kerajinan dari plastik bekas

 Plastik merupakan bahan yang tidak dapat terurai. Oleh karenanya, jika anda memiliki plastik bekas sebaiknya anda kumpulkan dan mendaur ulangnya, selain bisa dimanfaatkan kembali anda juga sudah menyelamatkan lingkungan anda dari sampah-sampah plastik yang merusak lingkungan.
Bayak sekali plastik bekas yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan dari plastik bekas, seperti misalnya kerajinan dari botol plastik bekas yang dipotong-potong menjadi manik-manik atau dibuat vas bunga, kantong plastik bisa dijadikan tas yang cantik, dan masih banyak lagi ide-ide kreatif yang bisa anda terapkan untuk memanfaatkan limbah plastik yang sangat melimpah.

Kerajinan dari Plastik Bekas
Jika anda memiliki sisa plastik yang berwarna-warni dan menarik, anda dapat menggunakannya untuk membuat manik-manik untuk perhiasan dari kantong plastik.Dengan langkah sederhana berikut ini, anda dapat melakukannya dengan mudah. Potong segitiga dengan ukuran 9 cm sisi luar dari kantong dan, dengan menggunakan kuas, lapisi plastik segitiga tersebut dengan lem. Sejajarkan dasar segitiga dengan sedotan, dan bungkus segitiga plastik menggunakan jerami. Biarkan sampai kering. Setelah kering, potong jerami pada seluruh sisi segitiga yang telah direkatkan.
Atau, anda bisa membuat kerajinan dari botol plastik bekas untuk pot tanaman dengan membersihkannya dab membilas tabung plastik. Kemudian dipotong menjadi dua, memotong tepat di bawah pegangan. Menggunakan palu dan paku, melubangi untuk drainase dibagian bawah tabung. Untuk mempercantik tampilan botol bekas, anda dapat melapisi dengan potongan-potongan kain atau kertas. Rekatkan dengan lem kain atau kertas melingkari botol. Hias sesuai dengan selera anda.
Anda juga dapat meniru untuk membuat lampion dari botol bekas, seperti yang dilakukan oleh industri rumahan yang berada di Jakarta Barat. Mereka memanfaatkan botol bekas untuk membuat lampion dan dijual dengan harga yang tinggi, atau setidaknya jauh dari nilai botol bekas yang tidak berguna. Sangat mudah untuk mendapatkan botol bekas ditempat sampah, atau jika anda tidak ingin repot untuk mendapatkan botol bekas dalam jumlah banyak, anda dapat membeli dari pemulung dengan harga yang sangat murah.

Kerajinan dari Botol Plastik Bekas
Masih banyak ide-ide lain yang bisa anda terapkan, gunakan daya kreatifitas anda untuk melakukan daur ulang sebagai langkah nyata memanfaatkan limbah plastik bekas sekaligus untuk menyelamtkan lingkungan anda dengan melakukan penghijauan agar lebih sehat dan asri.
Anda dapat meniru dan atau memodifikasi dari contoh-contoh gambar kerajinan dari botol plastik bekas berikut ini. Selain bisa mendatangkan keuntungan bagi anda juga menjadi suatu karya seni yang indah.






Memanfaatkan limbah plastik bekas bisa menjadikan sebagai peluang usaha anda. Dengan modal yang cukup murah, gunakan sedikit keterampilan anda, anda dapat mendapat keuntungan. Intinya adalah kemauan, kreatifitas dan dibarengi kerja keras yang nyata, maka tidak diragukan lagi, anda dapat menjadi pebisnis yang sukses....
(sumber : http://sampah-bermanfaat.blogspot.com/2012/12/membuat-kerajinan-dari-plastik-bekas.html)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More