Selasa, 30 Juli 2013

Tips mengolah kolang-kaling supaya empuk

Tips mengolah kolang-kaling supaya empuk

Salah satu buah yang populer di bulan Ramadhan ini adalah kolang-kaling. Buah yang ebrasal dari pohon aren ini, sangat enak disajikan dalam bentuk kolak, atau jadi campuran isi es buah.

Nah, berikut ini tips mengolah kolang-kaling yang bisa kita jadikan panduan agar mendapatkan kolang-kaling yang empuk dan enak.
  
1. Memilih Kolang-kaling yang tepat
Ukurannya beragam, ada yang bulat tebal, bulat kecil dan pipih lebar. Yang empuk dan enak adalah kolang-kaling yang masih muda. Cirinya, pipih, lebar dan tipis serta putih agar transparan warnanya. Rasanya empuk dan sedikit kenyal.

2. Menghilangkan lendir pada kolang-kaling
Kolang-kaling yang dijual dipasaran biasanya direndam dalam wadah besar berisi air mentah. Hal ini bisa membuat kolang-kaling jadi berlendir. Untuk menghilangkannya cuci saja dengan air bersih beberapa kali lalu tiriskan.

3. Cara Merebus
Jika ingin lebih empuk dan wangi aromanya, rebus saja kolang-kaling dengan daun pandan dan daun jeruk purut. Selain empuk kolang-kaling juga beraroma wangi.

4. Cara Menyimpan
Setelah direbus kolang-kaling bisa disimpan dalam lemari es. Taruh dalam wadah bertutup dalam keadaan dingin. Kolang-kaling bisa tahan disimpan beberapa hari.

Agar kolang-kaling yang disimpan tetap terjaga kualitasnya, gunakan wadah yang rapat seperti "Fridge Collection" Tupperware yang memang di desain khusus untuk penyimpanan di kulkas.

sumber: facebook.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More